5 FAKTOR YANG BISA MEMUASKAN KONSUMEN

KEPUASAN KONSUMEN 
Tahukah kamu? Bahwa kepuasaan pelanggan merupakan salah satu yang terpenting dari suatu bisnis, dan cara ini dilakukan alam strategi bisnis. Merupakan tugas kita untuk membuat para konsumen untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman, dan memenuhi kebutuhan mereka akan sebuah produk ataupun jasa. 


Bisnis bisa dikatakan berhasil jika kepuasaan pelanggan telah terpenuhi. Namun cara ini tidak mudah untuk dilakukan, karena setiap pelanggan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda walaupun produknya sama. Dalam proses ini tidak hanya membutuhkan produk dan jasa  yang berkualitas, namun system yang mendukungpun sangatlah diperlukan. Sampai akhirnya para pelanggan akan merasa senang serta nyaman akan produk dan pelayanan yang diberikan.
Terciptanya suatu kepuasan pelanggan juga dapat mempengaruhi peningkatan permintaan suatu produk dan omset pun akan tercapai maksimal. Namun sebaliknya jika itu tidak tercapai maka semua akan turun kesempatan untuk mendapatkan omset pun akan punah. Pelanggan yang tidak puas pastinya tidak akan membeli dan menggunakan produk kita lagi. Dan satu kasus, konsumen bisa menceritakan ini semua kepada konsumen lainnya tentang buruknya pelayanan yang kamu berikan. Ini akan menimbulkan citra negative di pasaran.

Jangan khawatir! Berikut ada beberapa strategi yang bisa kamu aplikasikan;

Produk. Kualitas suatu produk sangatlah punya peranan penting dalam strategi berbisnis. Jangan biarkan konsumen menerima produkmu dalam keadaan rusak, cacat, atau dalam artian tidk layak digunakan. Tipsnya, cek terlebih dahulu kualitas produk yang akan kamu berikan kepada pelanggan.

Pelayanan. Berikan kualitas pelayanan yang terbaik, ramah, tepat waktu, serta mudahkan system yang diberikan untuk pelanggan. Jangan membuatnya sulit akan pelayanan yang kamu berikan. Baik secara langsung ataupun online.

Fokus. Pentingkan kepuasan pelanggan, puaskan dengan pelayanan produk serta penuhi semua yang diharapkan pelanggan.

Harga. Perhatikan biaya produk dan biaya keseluruhan, sesuaikan dengan kondisi pasar saat ini. Karena ini akan menjadi pertimbangan bagai para konsumen, ia akan membandingkan keseluruhan antara biaya yang dikeluarkannya dan manfaat yang bisa ia peroleh. Jangan gunakan strategi untuk menipu konsumen.

Aman. Keamanan produk pun sangat penting, kelayakan produk dan pelayanan yang kamu berikan. Dengan cara mencantumkan izin dari badan POM, berikan kepercayaan dengan produk dan jasamu, buatlah ia menjadi pelanggan setia kita.

Setelah strategi tersebut tercapai, ukur kepuasan pelanggan dengan cara berikut;

Mintalah saran dan kritiknya dari pelanggan. Kamu bisa gunakan layanan telepon, dengan mencantumkannya di web kamu ataupun apa saja yang bisa di ketahui oleh para konsumen.

Adakan satu survey untuk kepuasan pelanggan. Dengan memberikan kuesioner kepada pelanggan yang sedang membeli produk kita.

Atau dengan cara menghubungi kembali para pelanggan lama. Hal ini bisa kita gunakan untuk mengetahui alasan konsumen berhenti berlangganan. Ini bisa dijadikan evaluasi diri, produk, jasa ataupun pelayanan yang kita berikan selama ini.

Dengan adanya ini, kita bisa melihat cara pelanggan menilai produk kita. Apa yang di inginkan konsumen, dan bisa pula berpengaruh pada produk penjualan. Untuk itu selalu berikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan kita, agar mereka senantiasa setia kepada produk kita.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 FAKTOR YANG BISA MEMUASKAN KONSUMEN"

Posting Komentar